Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Robotic Eduaction Centre Gelar Acara

Written By Unknown on Sabtu, 26 Mei 2012 | 01.35


Adu mahir merakit dan memprogram robot Lego Mindstorm NXT kembali digelar oleh Robotics Education Centre dalam kompetisi robot bernama Robotics National Competition (RNC). Kompetisi Robot ini digelar pada 24-26 Februari 2012 lalu di Main Atrium Emporium Pluit Jakarta Utara.
RNC adalah ajang kompetisi robot yang diadakan oleh Robotics Education Centre. Melibatkan seluruh siswa-siswi Robotics Education Centre (REC) dari seluruh Indonesia. Ditambah dengan partisipasi perwakilan beberapa sekolah, mulai level usia 5-18 tahun (TK-SMA). Kompetisi robot ini sebelumnya dikenal dengan nama Jakarta Junior Robotic Competition (JJRC) dari tahun 2006 hingga 2011.

Kategori Wall Climbing
Robotics National Competition ini mampu menyedot penggemar robotik untuk datang dan bertanding di ajang ini. Anak-anak usia kecil sampai remaja saja (usia 5-18 tahun)  ikut berkompetisi dalam kategori regular (Mosaic, Beginner, Junior dan Senior).
Tujuan diselenggarakannya kompetisi robot ini adalah untuk menguji kemampuan siswa-siswi dalam menerapkan ilmu robotika (konstruksi mekanik maupun programming) yang mereka pelajari saat pelatihan yang telah mereka ikuti.
Kategori dalam Robotics National Competition 2012 ini antara lain:
1.   Mosaic – Lego Castle (1D, 2D, 3D) (5-7 thn)
Menyusun brick-brick membentuk suatu bangunan Castle 1, 2 dan 3 dimensi
2.  Mechanic – Space Elevator (7-10 thn)
Merangkai mesin yang dapat bergerak dengan cepat dan dapat memanjat tali sampai titik teratas
3.  Elementary – Tour de Indonesia (10-12 thn)
Merangkai mesin yang mampu bergerak dari start dengan melintasi garis yang disediakan dengan tantangan megambil bola dan membawanya serta melewati halangan sampai ke finish
4.  Junior – Climbing Wall ( > 12 thn)
Merangkai robot yang mampu menaiki 2 sisi balok dan menjatuhkan bola dan turun kembali mengambil bola di tengah arena dan membawanya ke garis finish
5.  Senior – Energy Cube ( > 12 thn)
Merangkai robot yang mampu menyortir dan menyusun objek sesuai dengan urutan yang telah ditentukan
 

Kategori Speed Building
Selain itu, kompetisi robot ini bertujuan menyaring anak-anak berbakat untuk dapat berkompetisi robot pada tingkat nasional di Indonesian Robotic Olympiad 2012 pada bulan Agustus 2012 di Jakarta. Dan kompetisi International World Robotic Olympiad 2012 pada bulan November 2012 di Malaysia.
Robotics Education Centre merupakan lembaga pendidikan informal bagi anak-anak usia 5-18 tahun yang melatih dan mengasah kreatifitas anak dengan mempelajari dasar-dasar robotika. Selain mempelajari mengenai ilmu robotika, anak didik juga dituntut untukmeningkatkan kreatifitas, imajinasi dalam berpikir, sehingga mereka terlatih dalam team work dan menjadi ‘problem solver’.

Sumobot
Yudi Mintoro Sumali pendiri Robotics Education Centre mengatakan, “Dengan tekun berlatih para siswa-siswi tengah mengasah kemampuan kreatifitasnya, sehingga mampu membuktikan kemahiran mereka dalam merancang dan membuat program robot yang dapat dengan sempurna melewati seluruh rintangan-rintangan yang telah dibuat oleh panitia”. Kompetisi ini pun sangat berguna untuk memacu kreatifitas anak dalam menekuni dunia robotika, lanjut Yudi Mintoro.
Adiatmo Rahardi pendiri Komunitas Robot Indonesia turut mendukung kegiatan kompetisi robot tingkat junior seperti RNC ini. “Kegiatan pendidikan robotika di Indonesia sangat bervariasi dan beragam. Bagi orang tua yang ingin anaknya mengenal teknologi robot sejak dini, bisa mengarahkan anaknya belajar merakit dan memprogram robot dengan robot kit. Namun ketika anak ingin maju ke tingkat yang lebih advance, diharapkan sudah tidak canggung lagi untuk membuat robot mereka sendiri” kata pendiri Komunitas Robot terbesar di Indonesia itu.



Aduk-Aduk Artikelnya Mas Bro:



0 komentar:

 
Baca Juga:
Langganan